Makanan-makanan Pencegah Dehidrasi

dehidrasiMakanan-makanan Pencegah Dehidrasi

Untuk menghindari dehidrasi atau kondisi tubuh kekurangan cairan, kita disarankan untuk banyak minum atau memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Umumnya, saran yang diberikan adalah meminum delapan gelas air per hari. Namun, sebenarnya, untuk memnuhi kebutuhan cairan tubuh tidak harus dengan minum air. Artinya, jika makanan-makanan yang kita konsumsi banyak mengandung air, maka itu pun ikut membantu menyuplai kebutuhan cairan tubuh.

Karenanya, jika Anda merasa kesulitan memnuhi cairan tubuh dengan minum delapan gelas air setiap hari, Anda bisa menyiasatinya dengan makanan-makanan berikut ini, untuk tujuan yang sama. Bahkan, dibanding air putih biasa, makanan-makanan berikut ini tidak hanya mengandung cairan, namun juga memberikan nutrisi yang baik.

Mangga

Mangga adalah buah yang kaya mineral dan vitamin, khususnya vitamin A, yang berfungsi meregenerasi sel kulit rusak. Karenanya, selain membantu tubuh mendapat cairan agar tidak dehidrasi, mangga juga mampu membantu memperbaiki kulit setelah terkena jerawat.

Delima

Selain mangga, delima juga buah yang baik, sekaligus makanan pencegah dehidrasi serta antioksidan yang baik. Delima mengandung antioksidan berupa polifenol yang mampu meningkatkan perlindungan tubuh terhadap sinar matahari yang mengancam kesehatan.

Avokad

Dibanding mangga atau delima, avokad mugkin tampak “kurang berair”. Namun, avokad termasuk makanan pencegah dehidrasi, karena avokad membantu tubuh menyimpan air lebih lama. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh dan serat pada avokad juga bisa mencegah tubuh terserang diabetes dan kolesterol.

Mentimun

Mentimun kaya air, jadi tidak mengherankan kalau termasuk makanan pencegah dehidrasi. Mentimun juga rendah kalori, serta merupakan sumber silika—mineral yang meningkatkan kinerja jaringan ikat. Kulit mentimun juga kaya vitamin A, vitamin C, dan asam folat, hingga sebaiknya Anda tidak perlu mengupas kulit mentimun saat menikmatinya.

Brokoli

Sayur-sayuran, khususnya brokoli, termasuk salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, brokoli dan sayuran hijau lain, semisal bayam, adalah sumber asam lipoat (alpha lipoic acid) yang kaya antioksidan, dan merupakan zat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh.

Buah beri

Buah beri mengandung lebih dari 90 persen air, dan dapat dikonsumsi untuk mencegah atau mengurangi dehidrasi.

Yoghurt

Yoghurt memiliki kalium dan natrium, dan kedua unsur itu mampu membantu mengisi elektrolit dalam tubuh. Karenanya, yoghurt baik untuk mencegah dehidrasi.

Gandum

Anda mungkin terkejut mendengar gandum bisa mencegah dehidrasi. Kenyataannya, gandum memiliki kadar air sebanyak 90 persen. Karenanya, selain mencegah dehidrasi, gandum juga membuat perut kenyang lebih lama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *